Entri Populer

Kamis, 16 Juni 2011

Posting 1


Bagaimana bila IPTEKS tanpa dilandasi nilai-nilai etis dan religius ?
Jawab :
Atas dasar kreatifitas akalnya, manusia mengembangkan IPTEK dalam rangka untuk mengolah SDA yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.Dimana dalam pengembangan IPTEK harus didasarkan terhadap moral dan kemanusiaan yang adil dan beradab,agar semua masyarakat mengecam IPTEK secara merata. Begitu juga diharapkan SDM nya bisa lebih baik lagi, apalagi banyak kemudahan yang kita dapatkan. Namun,berbanding terbalik dengan realita yang ada karena semakin canggih perkembangan teknologi, telah membuat masyarakat menjadi malas yang disebabkan oleh kemudahan-kemudahan yang ada tersebut.
Dalam bidang pertanian, manusia menemukan cara yang lebih efektif untuk mendapatkan hasil tanaman yang lebih baik yaitu dengan menggunakan berbagai macam pupuk buatan yang dijual secara bebas, dengan menggunakan pupuk tersebut para petani dapat mendapatkan hasil yang berlipat ganda dalam waktu yang relatif singkat
Akan tetapi keuntungan yang begitu menggiurkan tersebut juga tidak luput dari dampak yang negative bagaimana tidak,hampir semua teknologi untuk pertanian menggunakan bahan yang bersifat kimia yang bila dikonsumsi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang membahayakan. Kita ambil contoh tumbuhan padi di Indonesia kini hampir pasti menggunakan pupuk yang bersifat kimiawi memang hasil yang diperoleh terlihat lebih baik dan lebih berkualitas namun jika dikonsumsi secara terus menerus maka bahan kimia yang ada dalam padi akan mengendap dalam tubuh yang dapat menggangu kesehatan manusia.
Oleh karena itu, apabila Ipteks tanpa dilandasi oleh nilai-nilai etis dan religious, IPTEKS tersebut dapat membawa kehancuran pada moral dan akhlak bagi seorang manusia,dan kehancuran dapat terjadi karena sifat ketidakpuasan serta manusia tidak bisa mengambil nilai manfaat dari teknologi yang digunakan atau manusia tersebut menyalahgunakan Ipteks untuk kepentingan sesaat saja. Maka dari itu, dalam perkembanagn IPTEK sangat diperlukan/ dilandasi dengan nilai-nilai etis dan juga religious. Sehingga tujuan dari pemanfaatan dan penguasaan IPTEK tercapai dengan baik, yaitu untuk mencapai kesejahteraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar