Entri Populer

Kamis, 16 Juni 2011

Materi ISBD Ke-2


 

Bagaimana General Education di Indonesia ?
General education atau pendidikan umum yang ada di amerika telah dikolaborasi oleh para ahli pendidikan di Indonesia menjadi studi/mata yang dulu disebut MKDU. MKDU dibagi menjadi dua kelompok yaitu MPK (Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian yang meliputi : Pendidikan Pancasila, Pendidikan Agama dan Pendidikan Kewiraan Nasional) dan kelompok mata kuliah MBB (mata kuliah berkehidupan bermasyarakat yang meliputi mata kuliah ISD, IBD, dan IAD) dan IBD dan ISD melebur menjadi mata kuliah ISBD.
Tujuan Pendidikan Umum adalah mewujudkan pribadi yang mampu berkomunikasi dan mengemukakan ide-ide secara efektif, sebagai Warga Negara ia berperan aktif memecahkan masalah-masalah social, ekonomi, politik, dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup yang sejahtera serta aktif mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan budaya.
Manusia yang dicita-citakan dalam Pendidikan Umum yaitu manusia yang terampil dan mampu hidup mandirii sebagai hasil penghayatan terhadap makna-makna esensial yang ada pada diri manusia.
Philip H. Phenix (964), merumuskan Tujuan Pendidikan Umum, yaitu manusia yang memiliki kemampuan dalam menggunakan kata-kata, symbol, isyarat, dapat menerima infomasi factual, dapat melakukan dan mengapresiasi objek-objek seni, memiliki kemampuan dan disiplin hidup dalam hubungan dengan dirinya maupun orang lain, cakap dalam mengambil keputusan yang bijaksana, dapat mempertimbangkan antara yang benar dan yang salah serta memiliki pandangan yang integral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar